Kamis, 31 Januari 2013

Mengenal Jenis-jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang dihubungkan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak sebagai sarana komunikasi antar komputer. Komputer di jaringan umumnya dihubungkan menggunakan Network Interface Card (NIC) dan kabel khusus jaringan. Selain menggunakan model kabel (wired), jaringan juga bisa dihubungkan dengan model tanpa kabel (wireless) atau melalui gelombang udara. Adapun perangkat lunak berfungsi sebagai aplikasi yang menjembatani perangkat keras agar bisa berkomunikasi.


Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Jadi, jenis jaringan komputer berdasarkan media penghubungnya adalah :
  • Jaringan kabel (wired)
  • Jaringan tanpa kabel / nirkabel (wireless)
Selain berdasarkan media penghubungnya, jaringan komputer juga lazim dibedakan berdasarkan luasnya cakupan wilayah atau skalabilitasnya. Adapun jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan skalanya adalah sebagai berikut :
  • Jaringan Personal atau PAN (Personal Area Network) : Jaringan komputer yang digunakan secara personal dan terbatas untuk menghubungkan sebuah komputer dengan piranti teknologi lainnya, seperti ponsel, PDA, mesin fax, dan sejenisnya.
  • Jaringan Lokal atau LAN (Local Area Network) : Jaringan komputer berada pada suatu area tertentu (misalnya lab sekolah, warnet, kantor, dan sebagainya).
  • Jaringan Metropolitan atau MAN (Metropolitan Area Network) : Jaringan komputer skala besar, misalnya menghubungkan komputer dalam satu kota atau satu kampus.
  • Jaringan Luas atau WAN (Wide Area Network) : Jaringan komputer skala luas meliputi wilayah geografis tertentu, misalnya dalam satu propinsi atau negara.
  • Jaringan Global atau Internet (Internetwork) : Jaringan komputer skala global yang merupakan gabungan dari berbagai jenis jaringan komputer di seluruh dunia.
Selain itu, jaringan komputer bedasarkan topologinya juga terbagi dalam beberapa jenis. Topologi adalah struktur atau bentuk jaringan yang digunakan. Adapun jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan topologinya adalah sebagai berikut:
  • Topologi Bus: Penerapannya adalah dengan menggunakan satu jalur utama yang digunakan secara bersama-sama oleh komputer lain. Kelemahan topologi Bus adalah jika jaringan utama penuh maka komputer lain tidak dapat mengirimkan data.
  • 
    Topologi Bus
    Topologi Bus
    
  • Topologi Ring: Digunakan untuk mengurangi kelemahan dari topologi Bus. Pada model ini sebuah komputer akan berfungsi sebagai token. Token digunakan untuk mengantar data ke komputer tujuan. Token akan bergerak terus selama data belum terkirim. Kelemahan model ini adalah biaya yang mahal dan kesulitan dalam perbaikan jika jaringan mengalami kerusakan.
  • 
    Topologi Ring
    Topologi Ring
    
  • Topologi Star: Merupakan model jaringan yang paling sering digunakan. Model ini mirip seperti topologi Bus, namun digunakan sebuah device sebagai perantara antar komputer. Device ini bisa berupa Hub atau Switch. Model ini sangat efisien dalam pengiriman paket data. Lalu-lintas data akan diatur oleh switch, sehingga kecil kemungkinan data tidak sampai atau terputus.

Topologi Star
Topologi Star
Selain ketiga topologi di atas, dikenal juga topologi lain yang merupakan pengembangan dari ketiga topologi di atas, yaitu Topologi Mesh, Tree, Hybrid, dan Daisy Chain.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar